Sunday, October 08, 2006

Building Secure Messaging Service System

12:09:00 PM / 1 comments

Messaging adalah suatu metoda komunikasi diantara komponen-komponen software atau aplikasi-aplikasi. Berbeda dengan electronic mail (e-mail) yang merupakan metoda komunikasi antara orang atau antara software aplikasi dan orang. Sebuah messaging system merupakan fasilitas peer-to-peer; sebuah messaging client dapat mengirim message ke client lain dan dapat juga menerima message dari client yang lain. Masing-masing client dikoneksikan ke sebuah messaging agent yang memberikan fasilitas untuk membuat, mengirimkan, menerima dan membaca message.

Enterprise messaging, yang diketahui juga sebagai Message-oriented Middleware (MoM) adalah merupakan kunci teknologi dari infrastruktur sistem komputasi terdistribusi. Enterprise messaging system memberikan pelayanan yang luwes dan andal untuk mengirim data memberitahukan setiap kejadian (even ) yang terjadi diantara komponen-komponen sistem.

Java Messaging Service (JSM) secara de facto telah menjadi standar industri untuk enterprise messaging. JMS memberikan suatu API yang umum dan framework yang membuka pengembangan aplikasi-aplikasi messaging yang portable dalam bahasa pemrograman java. JMS API mendukung model-model pemrograman messaging yang umum pada saat ini.